PENDAMPINGAN DIGITALISASI KEUANGAN DAN PEMASARAN ONLINE BAGI UMKM RUMAH MAKAN UNI IDA DI BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Unda Universitas Lampung
  • M. Chandra Universitas Lampung
  • Rivan Viriyan Universitas Lampung
  • Yahya Putra Universitas Lampung
  • Yohanes Novi Armunanto Universitas Lampung
  • Qurrota Ayu Nindien Universitas Lampung
  • Nadya Ramadhani Ikhsana Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/begawi.v3i2.98

Keywords:

SMEs, Financial Digitalization, Social Media, Digital Marketing, Community Service

Abstract

UMKM berperan sentral dalam perekonomian Indonesia, namun masih banyak yang menghadapi kendala dalam hal pencatatan keuangan dan strategi pemasaran. Rumah Makan Uni Ida di Jl. Purna Wirawan, Kel. Gunung Terang, Kec. Langkapura, Kota Bandar Lampung merupakan salah satu contoh UMKM yang menghadapi tantangan tersebut. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan dalam penggunaan aplikasi BukuWarung untuk pencatatan transaksi keuangan dan pemanfaatan media sosial (Instagram Bisnis dan WhatsApp Business) sebagai sarana pemasaran. Metode partisipatif-aplikatif digunakan melalui sesi pelatihan tatap muka dan pendampingan langsung. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam konsistensi pencatatan transaksi dan mulai aktifnya promosi melalui media sosial. Pelaku usaha juga memahami potensi penggunaan platform pesan-antar makanan digital. Kegiatan ini membuktikan bahwa intervensi digitalisasi berbasis kebutuhan nyata dan dukungan praktis mampu meningkatkan efisiensi operasional serta daya saing UMKM kuliner lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-08-2025

How to Cite

Unda, M. Chandra, Rivan Viriyan, Yahya Putra, Armunanto, Y. N., Qurrota Ayu Nindien, & Nadya Ramadhani Ikhsana. (2025). PENDAMPINGAN DIGITALISASI KEUANGAN DAN PEMASARAN ONLINE BAGI UMKM RUMAH MAKAN UNI IDA DI BANDAR LAMPUNG. BEGAWI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 100–105. https://doi.org/10.23960/begawi.v3i2.98