PENDAMPINGAN DIGITALISASI KEUANGAN DAN PEMASARAN ONLINE BAGI UMKM RUMAH MAKAN UNI IDA DI BANDAR LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.23960/begawi.v3i2.98Keywords:
SMEs, Financial Digitalization, Social Media, Digital Marketing, Community ServiceAbstract
UMKM berperan sentral dalam perekonomian Indonesia, namun masih banyak yang menghadapi kendala dalam hal pencatatan keuangan dan strategi pemasaran. Rumah Makan Uni Ida di Jl. Purna Wirawan, Kel. Gunung Terang, Kec. Langkapura, Kota Bandar Lampung merupakan salah satu contoh UMKM yang menghadapi tantangan tersebut. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan dalam penggunaan aplikasi BukuWarung untuk pencatatan transaksi keuangan dan pemanfaatan media sosial (Instagram Bisnis dan WhatsApp Business) sebagai sarana pemasaran. Metode partisipatif-aplikatif digunakan melalui sesi pelatihan tatap muka dan pendampingan langsung. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam konsistensi pencatatan transaksi dan mulai aktifnya promosi melalui media sosial. Pelaku usaha juga memahami potensi penggunaan platform pesan-antar makanan digital. Kegiatan ini membuktikan bahwa intervensi digitalisasi berbasis kebutuhan nyata dan dukungan praktis mampu meningkatkan efisiensi operasional serta daya saing UMKM kuliner lokal.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Unda, M. Chandra, Rivan Viriyan, Yahya Putra, Yohanes Novi Armunanto, Qurrota Ayu Nindien, Nadya Ramadhani Ikhsana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

