Peningkatan Penjualan melalui Pelatihan Strategi Pengembangan Bauran Pemasaran

Authors

  • Meylin Rahmawati Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Borneo Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia
  • Sulistya Rini Pratiwi Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Borneo Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-1943-3426
  • Tanti Tri Lestary Jurusan Kebidanan, Fakultas Kesehatan, Universitas Borneo Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia
  • Marhadi Budi Waluyo Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23960/begawi.v1i1.6

Keywords:

Home Industry, Income, Productivity, Internet Marketing, Social Media

Abstract

UMKM menjadi salah satu motor penggerak ekonomi di Indonesia. Namun demikian, UMKM masih berkutat pada lingkaran masalah dan kendalanya. Tidak hanya pada proses produksi melalui akses permodalan dan bahan baku, proses mengenalkan dan memasarkan produk menjadi permalahan tersendiri. UMKM Kembang Turi juga mengalami permasalahan serupa sejak mendirikan usahanya. Memasarkan produknya tidak hanya sampai produk terjual saja, bagaimana produk memiliki umur yang panjang di masyarakat menjadi tantangan bagi Kembang Turi. Kegiatan pelatihan dan pendampingan tentang bauran pemasaran menjadi solusi yang ditawarkan Tim Kegiatan. Melalui peningkatan pemahaman dan pengetahuan pada aspek pemasaran, dapat meningkatkan nilai jual produk. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa Mitra memiliki peningkatan pemahaman pada konsep bauran pemasaran. Mitra juga mampu mengolah dan mengembangkan strategi pasar produknya. Mitra berharap kegiatan dapat berlangsung secara kontinyu.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-01-2023

How to Cite

Rahmawati, M. ., Pratiwi, S. R. ., Lestary, T. T. ., & Waluyo, M. B. . (2023). Peningkatan Penjualan melalui Pelatihan Strategi Pengembangan Bauran Pemasaran . BEGAWI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 30–37. https://doi.org/10.23960/begawi.v1i1.6

Most read articles by the same author(s)